“Social media is not a media. The key is to listen, engage, and build relationships.” David Alston
Untuk
bisa tetap eksis menjual seorang SALES harus mempelajari tentang SOCIAL
MEDIA dan bagaimana menggunakan media ini untuk meningkatkan penjualan.
Berikut
ini adalah 3 hal mendasar dan penting yang harus diketahui oleh setiap
orang sales bila ingin meningkatkan penjualan melalui social media.
1. TOMATO
TOMATO
merupakan kepanjangan dari Top Of Mind Awareness Through Others. Salah
satu cara yang efektif untuk membangun TOMATO adalah dengan menggunakan
Social Media. Karena melalui media sosial anda bisa dengan mudah
menambah jumlah kenalan anda.
Bayangkan bila anda mempunyai
follower twitter, facebook, linkedin dan berbagai media lainnya sejumlah
lebih dari 1000 orang, maka setiap kali anda melakukan aktivitas maka
ada 1000 orang yang mengamati dan memerhatikan anda. Dan bila mereka
suka dengan aktivitas yang anda lakukan maka mereka akan membicarakan
anda dan mereferensikannya kepada relasi mereka.
2. 80 – 20
Prinsip
80 – 20 mempunyai pengertian bahwa ketika anda berinteraksi dengan
kenalan dan relasi melalui social media maka 80 persen dari waktu yang
anda gunakan adalah untuk berkomunikasi dan sisanya 20 persen baru anda
pergunakan untuk promosi produk/jasa anda.
Artinya anda harus
terlebih dahulu membangun relasi dengan teman-teman social media anda
sebelum menjual. Jadi kalau anda ingin menjual lewat social media
gunakan 80% waktu untuk berinteraksi dan 20% baru menjual.
Contoh
kongkritnya adalah setiap hari anda harus berkomunikasi dengan
teman-teman social media anda, misalnya mengucapkan selamat ulang tahun,
menanyakan kabar, dlsb. Setelah mereka menerima anda barulah anda bisa
menjual kepada mereka.
3. Value Generator
Value Generator
adalah seseorang yang memberikan sesuatu yang berguna kepada
komunitasnya di social media, dalam hal ini bisa berupa informasi, ide,
inovasi ataupun hal-hal lainnya yang dibutuhkan komunitasnya.
Untuk
itulah anda harus memberikan sesuatu yang berguna kepada relasi anda,
dibandingkan dengan membroadcast harga ataupun promosi produk. Sebagai
contoh bila anda seorang sales mobil, anda bisa secara periodik
mengirimkan tulisan tentang perawatan mobil dan tips-tips lainnya yang
berhubungan dengan otomotif.
Bila anda menjadi Value Generator
maka komunitas akan percaya kepada anda, dan ketika mereka percaya
kepada anda, maka mereka akan membeli dari anda.
Oleh: Dedy Budiman
Subscribe to:
Posts (Atom)