Media sosial menjadi salah satu cara terbaik untuk menyampaikan materi promosi kita kepada masyarakat secara cepat dan
masif. Dengan sekali tekan tombol “ENTER” maka pesan yang kita kirim akan diterima
oleh relasi kita sekaligus teman-teman mereka. Bayangkan jika kita memiliki
1000 orang follower pada laman media
sosial, lalu ada 100 orang yang me-replay
quote kita , maka 1000 orang plus
ribuan orang teman dari 100 orang yang mereplay tadi akan membaca apapun yang
kita tulis. Tidak jarang para pembaca ’ikutan’ ini bisa menjadi follower berikutnya.
Berikut ada 6 tips beriklan
di media sosial:
1.
Gunakan
kalimat sederhana
Agar
usaha terlihat hebat, anda menampilkan materi iklan dalam kalimat yang panjang
ditambahi dengan data-data statistik.
Ingat, anda sedang beriklan, bukan menulis jurnal ilmiah. Sampaikan
materi iklan anda dalam kalimat sederhana dan tepat sasaran
2.
Visualisasikan
Orang
lebih tertarik pada gambar-gambar dibandingkan narasi. Jadi, lebih baik visualisasikan iklan anda. Boleh
dalam bentuk foto-foto ataupun video.
3.
Bercerita
Orang
juga lebih tertarik mendengarkan sebuah cerita dibandingkan ’petuah’. Misalkan
anda menjual produk herbal, dibanding anda ’berbusa-busa’ menjelaskan khasiat
produk anda dengan kandungan bahan-bahan yang terbukti manjur, akan lebih
menarik jika materi iklan anda dalam bentuk video testimoni para pengguna
produk anda.
Sekarang
banyak sekali sosial media yang bisa anda pilih : facebook, twitter, linkedin, pinterest,
youtube,slideshare dll. Sesuaikan dengan bentuk materi promosi anda dan tujuan
promosi.
5.
Tulislah
Apa Adanya
Berpromosi adalah mengumuman kepada masyarakat manfaat
yang bisa diperoleh dari membeli sebuah produk. Dalam materi promosi Anda bisa saja menutup- nutupi kelemahan produk
anda sekarang. Namun, begitu customer datang dan membeli produk tersebut, cepat
atau lambat kelemahan produk anda segera akan menyebar. Anda tentu tidak ingin menunggu ledakan
komplain, bukan?.
Kita bisa mencoba mencontoh pada disclaimer produk kosmetik.
6. Bekerja sama
Bergabunglah dengan perusahaan-perusahaan yang
memiliki visi atau tujuan promosi yang sama. Di media sosial Anda bisa berbagi hashtag sehingga tujuan gerakan anda lebih cepat
tercapai. Misalny,a gerakan #AyoSarapanPagi
yang diadakan oleh perusahaan cereal
besar dan sebuah tabloid wanita