Sunday, March 2, 2014 0 comments

Tiga Prinsip Menguasai "Mobile Marketing" di 2014



Pada November 2012, Mark Plus Insight dalam “Netizen Survey 2012 “melaporkan bahwa 61.1 juta  masyarakat Indonesia menggunakan internet melalui ponsel cerdas. Begitupun menurut eMarketer.com, pada tahun 2013 , 24% masyarakat Indonesia mengakses internet melalui ponsel, dan 42,6%  diantaranya yang menggunakannya untuk berbelanja online. Pada survey tersebut juga diketahui bahwa 25,8% dari seluruh penjualan online selama akhir pekan dilakukan dengan bantuan ponsel

Untuk berhasil dalam ‘mobile marketing di tahun 2014 ini, Anda harus menguasai tiga prinsip berikut : SEGERA, SEDERHANA, dan KONTEKS IKLAN.
 
1. SEGERA
 
Kita telah menjadi masyarakat on-demand’. Ponsel adalah media on-demand’. Pengguna internet menginginkan informasi yang mudah diakses. Semua ‘orang marketing’ paham bahwa keputusan membeli diambil dalam hitungan menit begitu calon pelanggan menemukan kecocokan dengan produk yang ditawarkan. Bahkan, menurut Google, 63% transakti terjadi dalam waktu satu jam sejak dari pencarian awal.



Metode ‘mobile marketing’ mempercepat konsumen pengambilan keputusan sekaligus memungkinkan pemasar untuk mempengaruhi keputusan-keputusan lebih cepat dari sebelumnya .
Maka. cocokkan kampanye iklan anda dengan perilaku konsumen.   Begitupun, sesuaikan platform tempat anda beriklan (facebook, twitter,dan sebagainya)  dengan data profil pelanggan anda. Jika Pelanggan anda suka dengan gambar-gambar detail produk , maka pilihlah Facebook atau Instagram sebagai tempat anda beriklan. Sedangkan Twitter adalah media yang cocok jika anda ingin menyampaikan flash-news produk anda.

2. SEDERHANA



Pastikan website anda sudah mobile-optimized. Menurut penelitian, 40 %  pengakses internet akan meninggalkan sebuah website jika membutuhkan lebih dari tiga detik untuk tampil di layar ponsel. Jadi , Anda harus menyajikan informasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna dengan beban data yang ringan. Website sebaiknya hanya menampilkan hal-hal yang menyangkut informasi produk, lokasi toko, FAQ, konten bermanfaat atau bentuk layanan pelanggan. Beban data yang terlalu berat akan membuat website anda lambat terakses.

3. KONTEKS  IKLAN YANG TEPAT


Pastikan poin-poin yang anda sampaikan dalam website atau iklan harus relevan dengan harapan konsumen terhadap produk anda. Misalnya seseorang yang membeli sebuah mobil tentu mengharapkan adanya layanan purna jual . Maka produsen mobil bisa mengiklankan tentang jaminan perawatan berkala, diskon cuci mobil, atau ketersediaan suku cadang.

Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan terhadap konten mobile marketing anda, maka dibutuhkan data dan riset  tingkah laku konsumen sehingga anda bisa menonjolkan konten penawaran yang menarik.  


Pesan iklan yang tepat waktu , disajikan dengan jelas , dan dalam konteks yang benar - akan membantu keberhasilan usaha anda  dalam era  mobile marketing  ini 
 

















...Bersambung








 









 
;