“Social media is not a media. The key is to listen, engage, and build relationships.” David Alston
Untuk
 bisa tetap eksis menjual seorang SALES harus mempelajari tentang SOCIAL
 MEDIA dan bagaimana menggunakan media ini untuk meningkatkan penjualan.
Berikut
 ini adalah 3 hal mendasar dan penting yang harus diketahui oleh setiap 
orang sales bila ingin meningkatkan penjualan melalui social media.
1. TOMATO
TOMATO
 merupakan kepanjangan dari Top Of Mind Awareness Through Others. Salah 
satu cara yang efektif untuk membangun TOMATO adalah dengan menggunakan 
Social Media. Karena melalui media sosial  anda bisa dengan mudah 
menambah jumlah kenalan anda.
Bayangkan bila anda mempunyai 
follower twitter, facebook, linkedin dan berbagai media lainnya sejumlah
 lebih dari 1000 orang, maka setiap kali anda melakukan aktivitas maka 
ada 1000 orang yang mengamati dan memerhatikan anda. Dan bila mereka 
suka dengan aktivitas yang anda lakukan maka mereka akan membicarakan 
anda dan mereferensikannya kepada relasi mereka.
2. 80 – 20
Prinsip
 80 – 20 mempunyai pengertian bahwa ketika anda berinteraksi dengan 
kenalan dan relasi melalui social media maka 80 persen dari waktu yang 
anda gunakan adalah untuk berkomunikasi  dan sisanya 20 persen baru anda
 pergunakan untuk promosi produk/jasa anda.
Artinya anda harus 
terlebih dahulu membangun relasi dengan teman-teman social media anda 
sebelum menjual. Jadi kalau anda ingin menjual lewat social media 
gunakan 80% waktu untuk berinteraksi dan 20% baru menjual.
Contoh
 kongkritnya adalah setiap hari anda harus berkomunikasi dengan 
teman-teman social media anda, misalnya mengucapkan selamat ulang tahun,
 menanyakan kabar, dlsb. Setelah mereka menerima anda barulah anda bisa 
menjual kepada mereka.
3. Value Generator
Value Generator 
adalah seseorang yang memberikan sesuatu yang berguna kepada 
komunitasnya di social media, dalam hal ini bisa berupa informasi, ide, 
inovasi ataupun hal-hal lainnya yang dibutuhkan komunitasnya.
Untuk
 itulah anda harus memberikan sesuatu yang berguna kepada relasi anda, 
dibandingkan dengan membroadcast harga ataupun promosi produk. Sebagai 
contoh bila anda seorang sales mobil, anda bisa secara periodik 
mengirimkan tulisan tentang perawatan mobil dan tips-tips lainnya yang 
berhubungan dengan otomotif.
Bila anda menjadi Value Generator 
maka komunitas akan percaya kepada anda, dan ketika mereka percaya 
kepada anda, maka mereka akan membeli dari anda.
Oleh: Dedy Budiman
Subscribe to:
Comments (Atom)
- Follow Us on Twitter!
 
- "Join Us on Facebook!
 
- RSS
 
Contact