Friday, May 3, 2013

Introvert Tidak Bisa Berbisnis?



“Saya bercakap-cakap saja susah, bagaimana mau berdagang? Saya tidak bisa mempromosikan barang.” Begitu seorang introvert berkilah ketika ada yang mengajaknya berbisnis.
Sejatinya, dalam berbisnis ada 2 tahapan yang harus dilakukan dalam mempromosikan produk:
Bagian Pertama:  Mendengarkan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan.
Bagian Kedua:   Memperkenalkan dan berbagi informasi produk anda.
Seorang introvert memiliki keuntungan dalam bagian pertama karena mereka lebih pandai mendengarkan dan mengajukan pertanyaan kepada target pelanggan  untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan serta mengenal karakter mereka. Dengan mendengarkan target , dapat ditahui apakah produk anda cocok untuk pelanggan yang mana?, Berapa harga yang pas bagi mereka?  Dan bagaimana kemampuan pasar dalam menyerap produk anda.?

Selain itu, dengan mengenal pelanggan,  melalui kemampuan anda mendengarkan pelanggan, anda bisa segera mengatasi jika ada masalah yang timbul dengan cara yang paling pas berdasarkan tipe pelanggan.


Di bagian kedua memang orang extrovert lebih cocok dalam menjalankan fungsi ini, karena ia bisa dengan pe-de  berbicara memperkenalkan dan menjelaskan tentang produk. 

Namun, di era media SOSIAL sekarang ini, anda bisa mempromosikan produk tanpa harus berbicara secara langsung, melainkan bisa hanya melalui tulisan yang dapat membangkitkan WOM (words of mouth/getok tular)

Networking dan pemasaran WOM adalah ketrampilan yang bisa dipelajari, seberapapun introvert-nya Anda. 

Kalau Anda masih merasa belum nyaman juga dengan kepribadian introver anda, ikutlah seminar atau workshop yang mengajarkan cara efektif membangun jaringan. Dengan belajar dan pengalaman yang anda dapatkan, maka anda akan menemukan cara menangani situasi tertentu.  Anda juga akan lebih relaks dan percaya diri dalam membangun jaringan pelanggan.
Jadi tidak ada alasan seorang introvert  untuk tidak dapat berbisnis'kan? Sekarang kembali kepada anda, MAU atau TIDAK MAU berbisnis?


Catatan:
Ekstrovert: cenderung mudah berteman, asertif, suka dengan hal-hal yang menyenangkan
Introvert: adalah suatu karakter pribadi yang bersifat individu dan biasanya lebih pendiam ,  tertutup, sedikit bicara dan lebih suka menjadi pendengar yang baik, cenderung lebih tenang, kalem, selektif dalam berteman, kurang suka hura-hura

0 comments:

Post a Comment

 
;