Friday, July 12, 2013

Marketing Ala Zombie



Saat ini di jaringan bioskop sedang diputar Film “World War Z” yang menceritakan bagaimana Brad Pitt bertarung dan berjuang menyelamatkan keluarganya dari serangan para zombi. Artikel ini tidak akan menceritakan bagaimana jalan cerita film itu atau menerangkan panjang lebar  apa  itu zombi. Melainkan, saya menuliskan beberapa perilaku zombi dalam film tersebut yang bisa  kita pelajari sebagai taktik dalam bidang  pemasaran.
Berikut ini beberapa perilaku zombi dalam mengejar targetnya:

1. Pandangan Mata Fokus Pada Target

Orang Marketing , harus menjaga mata dan telinga tetap terbuka agar dapat ‘menerkam’ target dengan tepat. Pada awalnya , anda bisa mentukan target berdasarkan usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan tingkat pendidikan. Kemudian perlu juga diketahui hal-hal seperti : bagaimana sikap , minat, hobi, dan gaya hidup Sang Target.

Setelah menentukan target, langkah berikutnya adalah untuk menemukan mereka:
a.     Pasang radar pada pesaing dan lihatlah siapa target mereka. PERINGATAN: jangan ikuti langkah dan cara mereka bermain, karena  mereka dengan mudah bisa mengalahkan anda.  Misalkan mereka memberikan diskon, anda malah membanting harga. Jika kompetitor lalu memberi diskon lebih rendah maka habislah  anda.
b.   Rajinlah meng up-to-date wawasan, pelajari kecenderungan terbaru Sang Target serta bagaimana tren bisnis terbaru.
c.   Tunjukkan sisi kemanusiaan Anda dengan melibatkan Target dalam diskusi facebook dan tweeter. Kesampingkan dahulu “sisi sales” anda agar  bisa terhubung secara personal dengan Sang Target. Dengan adanya personal relationship maka Target akan lebih terbuka, sehingga Anda bisa mendapat input yang membangun untuk produk/jasa yang anda jual. Keuntungan lain yang akan bisa didapatmelalui cara ini adalah secara tanpa Target sadari, awareness terhadap produk/jasa anda terbangun.
d.  Bergabunglah bersama  Google. Google sebagai search engine terfavorit di dunia akan membantu Anda menganalisis dan mencapai ceruk produk/jasa Anda. Mulailah dengan Google Alerts untuk tetap memantau target , pesaing dan industri bisnis Anda

2. Jangan Hanya “Menggeram” Sendiri.

Saya agak kesulitan mencari kata yang menggambarkan suara ‘teriakan’ zombi, jadi mohon terima saja istilah “menggeram”.
Banyak pebisnis  memiliki kecenderungan untuk bersikap ‘ jaim’ dan eksklusif , seolah-olah mereka adalah bagian masyarakat tersendiri.  Namun, Marketer akan melakukan yang sebaliknya.  Mereka berprinsip “Menjalankan bisnis kecil tidak berarti jangkauan harus kecil.”  Berbeda dengan monster lain yang selalu mengisolasi diri, zombi akan berkeliaran menularkan pengaruhnya.
Berikut ini 2 cara cepat “menulari” Target anda:
a.   Berikan manfaat bagi Target anda. Anda bisa menulis tips, artikel atau melakukan hal-hal bersifat “sharing” lainnya. Pastikan apa yang anda  lakukan adalah hal-hal yang sesuai dengan Target. Tentu anda tidak cocok memberikan tips memasak kepada para  mekanik, misalnya.
b.      Ikutilah pertemuan sosial . Tidak punya budget khusus untuk melakukan pertemuan di dunia nyata? Lakukan pertemuan di dunia  maya.  Misalkan buatlah coach-clinic online untuk membahas hal-hal tertentu yang relevan dengan target anda. Atau  Kultwit dengan hashtag tertentu sehingga bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

3.  Milikilah Senjata Canggih.

Untuk melumpuh zombi dibutuhkan parang pemenggal kepala,  granat di tangan kiri ditambah pelontar api di punggung.  Begitupun dalam strategi pemasaran anda. Anda harus  memiliki senjata yang canggih. Email marketing, selebaran, Facebook, Twitter atau media sosial lainnya. Jika memungkinkan persenjatai strategi anda dengan taktik yang lebih trendi : Infographic dan web video.
Audiense akan lebih tertarik melihat iklan dalam bentuk grafis yang bergerak dan bersuara  dibandingkan dalam lembaran-lembaran kertas berbentuk tulisan yang panjang.  Buatlah Video anda dengan judul yang mengandung kata-kata yang atraktif. Daripada membuat video presentasi bergaya “materi  kuliah”  akan lebih menarik jika video anda dibuat dalam bentuk cerita “behind the scene”, bergaya interview, atau “product review.
Dalam laman Marketing online tersebut, berilah kesempatan kepada audiens untuk  berkomunikasi kepada anda melalui umpan balik, me-“like” di facebook, me-retweet, atau berkomentar. Dan jangan lupa untuk menanggapi setiap umpan balik itu, walaupun hanya dalam bentuk ucapan terima kasih atas kunjungan mereka ke laman anda.
Facebook dan Twitter pernah menjadi hal yang terbaru, sekarang, upaya pemasaran yang meluas ke tempat-tempat seperti Pinterest, Vine, dan Instagram.

Dan saat Anda untuk membaca kalimat ini, mungkin saja bayi media sosial baru telah lahir. Dengan segala hal tersebut orang-orang akan saling terhubung dengan cepat. Jika anda tidak melakukannya, maka kompetitor andalah yang akan memanfaatkannya


4.  Terimalah Kenyataan Bahwa Dunia Kini Berbeda.

Zombi era internet digambarkan dalam film “World War Z”  sebagai zombi yang sangat atraktif dalam mencari mangsa. Mereka tidak lagi bergerak perlahan setapak demi setapak. Kini,mereka akan mengejar, melompat dan menyerang target yang diincarnya. Begitupun dengan  dunia Marketing.
Apakah masih bertahan dengan gaya Marketing  yang anda terapkan 5 tahun lalu? Tidak ada salahnya, karena masih ada target pelanggan yang lebih menyukai cara-cara tradisional bahkan masih ada yang menyukai gaya penjualan ‘door-to-door”.
Namun, jika ingin lebih cepat membidik target yang lebih luas, maka anda harus menerima bahwa produk anda harus tampil 24/7. Kapanpun pelanggan membutuhkan data produk tersebut , mereka akan mencarinya di internet.  Maka unggahlah sebanyak-banyaknya  dan sedetil-detilnya data mengenai produk /jasa yang anda jual. Dan tidak ada salahnya juga mengunggah video dan foto-foto  produk serta kegiatan usaha anda melalui Pinteres, Vine dan Instagram.
.Selalu up-date pengetahuan Marketing anda, agar strategi yang akan anda jalankan tidak akan menjadi  hal yang ketinggalan jaman.
 ---
 
Untuk dapet info Nastar dan Kue Kering Terenak sedunia, klik ini.








.








0 comments:

Post a Comment

 
;